Berita Terkini

Pj. Bupati Lam-Tim Gelar Apel Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020..!!

Beritakharisma.com

LAMPUNG TIMUR (BK) – Kodim 0429/Lamtim, Polres Lampung Timur,Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas perhubungan ,Dinas Kesehatan serta Satpol PP gelar Apel Kesiapsiagaan,yang berlangsung di Lapangan Apel Pemkab Lampung Timur, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ir. Fredy, SM. MM selaku Pjs. Bupati Lamtim , yang turut di hadiri oleh Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan S. IK, Dandim 0429/Lamtim Diwakili Pasi Ops Lettu Inf M. Syadri, Kabagops Polres Lamtim Kompol Nanda Mega, S.IK Wakapolres Kompol Firman, Kepala BPBD Mashur Sampurna Jaya, Kepala Dinas Sosial Darmuji, Kepala Dinas BLH Hanafi, Kepala Dinas Kesehatan Dr Nanang Salaman Shaleh dan Asisten 1 Setdakab Lamtim Syahmin Saleh.

Dalam sambutannya,Ir Fredy Menjelasakan bahwa kegiatan tersebut diadakan agar TNI-POLRI dan instansi terkait dapat selalu bersiap siaga saat menghadapi bencana alam,sebab bencana alam sewaktu-waktu dapat terjadi,namun dirinya berharap agar masyarakat pun dapat ikut serta bersiaga.

“Apel siaga bencana yang kita laksanakan ini bertujuan untuk mensiap-siagakan personel TNI, Polri dan instansi terkait dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Lampung Timur,sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah, namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.”terangnya

Ir Fredy juga mengungkapkan,bahwa bencana alam dapat kapan saja terjadi sehingga dapat menimbulkan kerugian jiwa dan materi,dan yang paling utama terdampak adalah psikologis si korban.

“Bencana alam merupakan peristiwa luar biasa yang dapat terjadi kapan saja dan menimbulkan kerugian jiwa maupun materil, Bencana alam tidak saja menimbulkan cedera fisik akan tetapi juga berdampak pada psikologis atau kejiwaan para korban, hilangnya harta benda dan nyawa dari orang-orang yang dicintai membuat sebagian korban bencana alam mengalami depresi, trauma sampai mengakibatkan gangguan kejiwaan.”ungkapnya

Beberapa prinsip penanggulangan bencana sebagaimana tertuang dalam undang-undang nomor 24 tahun 2007 adalah, Prinsip cepat dan tepat, prioritas, berdaya guna,
transparansi dan akuntabilitas, kemitraan, pemberdayaan serta non proletisi.

Lebih panjut,Ir Fredy berharap dengan adanya kegiatan tersebut seluruh dinas terkait dan masyarakat dapat lebih peka dan berperan aktif sehingga saat bencana melanda sewaktu-waktu, dapat segera ditanggulangi.

“Dengan dilaksanakannya apel siaga bencana ini kita harus lebih peka dan peduli terhadap permasalahaan yang dihadapi masyarakat dan berperan aktif serta memonitor tempat-tempat tersebut apabila ada indikasi terjadi bencana alam, sehingga dapat dengan cepat ditanggulangi.”harapnya

Ditempat yang sama ,Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menyampaikan bahwa keikut sertaan TNI adalah bentuk menjalankan tugas,sesuai yang telah diatur oleh UU No.34 Tahun 2004.

“keikut sertaan Kodim dalam kegiatan penanggulangan bencana alam sudah diatur dalam Undang-undang No. 34 Tahun 2004 disebutkan tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada tiga, yaitu ; pertama, menegakkan kedaulatan negara; kedua, mempertahankan keutuhan wilayah dan ketiga, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan, Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), termasuk ikut serta dalam peanggulangan bencana adalah tugas OMSP,” pungkas Pria Alumni Akmil 2001 ini.

Oleh: E. Wahyu.

Sumber Asli

113 29 total views, 15 1 views today

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button