Berita LampungBerita TerkiniDaerahKab Lampung BaratKab MetroKab PesawaranKab WaykananPolitikTNI dan POLRI

Pinjaman Berbunga Hingga 50%, Rupanya Ada Rentenir di Markas Pol PP Pringsewu

Gemalampung.com | Fakta,Akurat Dan Terpercaya
PRINGSEWU | Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kasi Penyelidikan Satuan Pamong Praja Kabupaten Pringsewu, HK memberi pinjaman uang dengan bunga 50% tanpa ada jaminan bagi pegawai PNS maupun tenaga Honorer yang membutuhkan dana dikantor setempat.
Terungkapnya praktek riba di Markas Praja Wibaba tersebut, berdasarkan pengakuan salah seorang Pegawai yang tak mau disebukan namanya.
Dia mengatakan praktek Rentenir yang dijalankan oleh HK, sudah berjalan selama kurun waktu empat tahun, dimasa itupun diketahui Kasat Pol PP yang masih dijabat oleh Edi Sumber Pamungkas, sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga pada masa Emil Riadi.
Modus pemberian pinjaman uang itu kata narasumber, HK bekerjasama dengan Bendahara Pengeluaran Sat Pol PP yakni ZY, dengan pola pemotongan gaji pegawai setiap bulannya bagi peminjam dana tersebut.
“Hampir 90% pegawai Sat Pol PP meminjam uang Pada HK, umpama pegawai pinjam Rp 1 juta mengembalikannya Rp 1.5 juta dalam jangka beberapa bulan, jadi gaji pegawai tiap bulannya yang meminta pijaman langsung dipotong oleh bendahara pengeluaran,” ungkap narasumber kepada Gemalampung.com, Senin (2/11/20).
Lebih lanjut, dia menjelaskan setelah pergantian Kasat Pol PP yang baru yakni Ibnu Harjianto, pinjaman uang berbunga itu masih tetap berjalan, namun angsuran tiap bulannya tidak lagi melalui bendahara pengeluaran, Karena gaji langsung di transfernya langsung ke rekening pegawai masing-masing.
“Bulan kemaren gaji diambil langsung oleh pegawainya, karena kalau mau dipotong melalui bendahara pengeluaran sudah tidak diperbolehkan lagi oleh kasat yang baru ini,” beber dia.
Sementara, Kasat Pol PP Pringsewu Ibnu Harjianto, mengatakan tidak tahu masalah ada pegawai yang memberi pinjaman uang pada pegawai lain dengan bunga hingga 50%.
“Saya tidak tahu masalah itu, tanya langsung pada yang bersangkutan HK, kalau tidak kasat yang lama, karena saya baru,” kata Ibnu Harjianto, Saat di hubungi Via telpon.
Penulis : (Tim/Red)

43 total views, 43 views today

The post Pinjaman Berbunga Hingga 50%, Rupanya Ada Rentenir di Markas Pol PP Pringsewu appeared first on Gema Lampung news.

Sumber Asli

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button