Berita IndonesiaBerita LampungBerita TerkiniDaerahKab Lampung BaratPemerintahanRagamSerba-Serbi

Pekon Trimulyo Juara 1 Ditingkat Kabupaten Lampung Barat Dan Masuk Lima Besar Perkembangan Desa/Pekon Tahun 2022

Lampung Barat. (Mediag Gobal Group.com), Acara Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Pekon Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 ini merupakan acara penilaian tindak lanjut dari pemaparan evaluasi perkembangan desa/kelurahan 17 Juni lalu yang diselenggarakan di Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat. Senin, (27/06/2022).

Dari hasil penilaian yang mana diperoleh Pekon Trimulyo telah berhasil meraih juara pertama ditingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 dan masuk dalam kategori lima (5) besar perkembangan Desa/Pekon.

Dalam giat acara tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis berupa Buku Profil Pekon Trimulyo dan satu (1) buah baju pariwisata Temiang Hill oleh Peratin Trimulyo Buchori, S.P., dengan Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo SE.M.Ap.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo SE.M.Ap dan Jajaran, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat, Uspika Kecamatan Gedung Surian, Camat Gedung Surian, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin dan Ketua TP-PKK se-Kecamatan Gedung Surian, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat.

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim kunjungan klarifikasi lapangan penilaian lomba, dan menyampaikan rasa bangganya karena Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian ini sebagai wakil dari Kabupaten Lampung Barat untuk mewakili lomba desa di tingkat provinsi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, beserta masyarakat pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian mengucapkan selamat datang kepada tim kunjungan klarifikasi lapangan penilaian lomba desa tingkat provinsi lampung tahun 2022 di Lampung Barat bumi beguai jejama sai betik”.

“Perlombaan desa dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat”.

-“Selain itu, Kegiatan lomba pekon ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ditetapkannya Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian ini sebagai wakil dari Kabupaten Lampung Barat untuk mewakili lomba desa di tingkat provinsi”.

“hal itu dikarenakan Pekon Trimulyo telah melalui proses penilaian dan evaluasi berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten, Untuk itu, saya merasa bangga dan bersyukur atas antusiasme serta peran warga masyarakat Trimulyo ini dalam memaksimalkan Kegiatan lomba desa ini”.

“Atas nama pemerintahan daerah kepada tim penilai tingkat Provinsi , pekon Trimulyo ini telah siap untuk dinilai” sampainya.

Peratin Trimulyo Buchori, S.P. juga menyampaikan prestasi pekonnya merupakan kebanggaan karena adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah, LHP, Uspika Kecamatan dan masyarakat.

“ Ini merupakan sebuah kebanggaan yang besar untuk Kabupaten Lampung Barat terutama untuk Pekon Trimulyo yang telah mewakili Kabupaten Lampung Barat pada acara Lomba Desa/Pekon dan Perlu disampaikan bahwa Pekon Trimulyo ini masuk dalam kategori lima (5) besar di Provinsi Lampung. Tentunya, prestasi ini berkat adanya sebuah dukungan”.

“adanya sebuah prestasi ini berkat kerja keras dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah, LHP, Uspika Kecamatan dan masyarakat, Ini adalah mimpi kita bersama yang sudah kami bangun dan tentu mimpi ini bukan hanya mimpi kami, tetapi mimpi ini adalah mimpi kita bersama”. Ucapnya

Kemudian tak lupa juga Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo SE.M.Ap turut menyampaikan Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa salah satu media untuk melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan pemerintahan Desa maka Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi Desa dan Kelurahan atau Pekon”.

“Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada Instrumen evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan”.

“Instrumen Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan Desa dan kelurahan”.

“Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi adalah acara pada hari ini yaitu perlombaan Desa, yang meliputi 3 bidang penilaian yaitu Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Kewilayahan Desa dan Bidang Kemasyarakatan Desa dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian”.

“Perlombaan Desa dan Kelurahan pada tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. dimana, pada tahun ini kita masih dalam kondisi endemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, dimana Pandemi Ini sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi sosial dan masyarakat di Indonesia termasuk di Provinsi Lampung”.

“Tentu, Masa endemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Desa untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilingkungannya dengan melakukan inovasi sesuai dengan potensi yang ada di desanya masing-masing”.

“Hal itu sejalan dengan Tema Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022 Yaitu : Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.

Ganjar meminta kepada Kepala Desa beserta perangkat dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan.

hal itu dilakukan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa akan semakin berhasil guna dan berdaya guna, sebagaimana harapan Kami desa-desa di Provinsi Lampung makin Berjaya. (eko)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button