AdvertorialBerita LampungBerita TerkiniDaerahHukumIKLANKab Bandar LampungKab Lampung BaratKab Lampung TengahKab Lampung TimurKab Lampung UtaraKab MesujiKab MetroKab PesawaranKab Pesisir BaratKab TanggamusKab Tulang BawangKab Tulang Bawang BaratKab WaykananPolitikTNI dan POLRI

Jelang Libur Akhir Tahun 2020, Kadiskominfo Way Kanan Berikan Imbauan

Gemalampung.com | Fakta, Akurat Dan Terpercaya

WAY KANAN | Jelang libur Akhir tahun 2020, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan Achmad Gantha, mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat setempat untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan hindari kerumunan, Senin (21/12/2020).

Gantha mengatakan, bahwa perubahan perilaku masyarakat merupakan ujung tombak dalam penanganan virus Corona.

“Artinya, penanganan Covid-19 akan berhasil jika masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker serta menghindari kerumunan,” ucapnya.

Gantha yang juga selaku Juru Penerangan mengatakan, dari informasi yang didapatkan, menunjukkan hal yang paling sulit dilakukan adalah untuk menjaga jarak.

” Menjaga jarak dianggap merupakan kebiasaan baru yang paling sulit dilakukan, karena manusia pada hakikatnya sebagai makhluk sosial yang terbiasa berkumpul, bertemu, dan bertegur sapa dengan jarak dekat,” tambahnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan dan menjaga jarak saat berinteraksi.

“Saat ini masyarakat harus lebih hati-hati, karena jumlah penambahan positif Covid-19 terus meningkat. Untuk itu, masyarakat dapat memaksimalkan penggunaan teknologi virtual dalam berinteraksi. Seandainya terpaksa harus tatap muka perhatikan protocol kesehatan ketat dan jaga jarak,” ucap dia.

Saat ini, Pemkab Way Kanan terus menyosialisasikan kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, yang salah satunya adalah menjaga jarak.

“Minggu-minggu ini kita mulai bagaimana harus menjaga jarak dan bagaimana berinteraksi betul-betul jaga jarak. Paling tidak tangan kita itu kita bentangkan, juga tangannya orang lain yang kita bicara itu sama. Kurang lebih 1,5 hingga 2 meter,” paparnya.

Kapan pun dan di mana pun, imbau Ganta, saat beraktivitas bersama orang lain, ingat selalu untuk jaga jarak aman minimal satu meter.

“Hindari kerumunan, selalu hindari kontak erat seperti bersalaman dan berpelukan. Pakai masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu, dan selalu cuci tangan pakai sabun atau cairan antiseptik,” kata dia.

Diketahui, Pemkab Way Kanan telah menerbitkan surat Edaran (SE) Bupati Way Kanan Nomor 400/1205/I.02-WK/2020 Tentang Peringatan Tahun Baru Masehi di kabupaten setempat.

Dalam Surat Edaran tersebut, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengimbau kepada seluruh masyarakat khusunsya di Kabupaten Way Kanan, agar tidak mengadakan kegiatan perayaan pergantian tahun 2020 ke tahun 2021 karena dapat berpotensi menimbulkan kerumunan dan kekhawatiran terjadinya penyebaran Covid-19.

Serta, meminta kepada para orang tua agar tidak membiarkan anak-anaknya turun ke jalan-jalan dan tempat hiburan yang dapat menggangu keamanan, ketentraman dan keselamatan bagi dirinya maupun orang lain

Berdasarkan data terakhir, saat ini Kabupaten Way Kanan berada di zona kuning. Dengan jumlah terkonfimasi sebanyak 65 orang, 55 diantaranya sembuh, tiga orang meninggal dunia dan 7 orang masih dalam proses isolasi.

Penulis : (Yudi)

42 total views, 42 views today

The post Jelang Libur Akhir Tahun 2020, Kadiskominfo Way Kanan Berikan Imbauan appeared first on Gema Lampung news.

Sumber Asli

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button