Berita LampungBerita TerkiniDaerahKab Tulang Bawang Barat

Dugaan Peredaran Pupuk Nonsubsidi Palsu Tidak Sesuai Dengan izin Edar

Tulang bawang barat, (Media Global Group.com), Makin Tercium adanya peredaran pupuk nonsubsidi palsu dengan berbagai macam merek yang di lakukan oleh salah satu warga tiyuh tunas asri, kecamatan tulang bawang tengah,kabupaten tulang bawang barat,propinsi lampung.

Dari hasil informasi yang di dapat awak media adanya kejanggalan yang di lakukan oleh NR yang di duga sebagai pengecer pupuk nonsubsidi palsu,dengan adanya ketidaksesuaian harga eceran tertinggi(HET)serta izin edar nya .(16/10/2022).

Keterangan salah pedagang kios pupuk yang terletak di pasar daya murni yang enggan di sebutkan namanya,saat di mintai keterangan pada Minggu,15/10/2022,terkait harga jual pupuk nonsubsidi dengan merek fhoska dan NPK mutiara 16-16-16 yang di jual di kios tempat nya berdagang menjelaskan.

“Kalau sekarang bang kita jual pupuk fhoska nonsubsidi itu sekarang sekitar 270 sampai 280, kalau untuk pupuk NPK mutiara 16-16-16 itu kita jual dengan harga 850 ribu bang “jelas pedagang kios.

Di tempat terpisah dari hasil informasi yang di himpun oleh dinas pertanian tubaba,yang di berikan kepada awak media melalui pesan WhatsApp adanya dugaan ketidaksesuaian surat izin edar dan kemasan kandungan pupuk yang di jual di pasaran.

“Perusahaan nya terdaftar, dan nomer pendaftaran sesuai dengan kemasan di karung, yang berbeda di kemasan kandungannya karung adalah 16.16.16, sedangkan di web data NPK ( 20, 15.12) “paparnya

Di beritakan sebelumnya.

Warga Tiyuh Tunas Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah Diduga Edarkan Pupuk Nonsubsidi Palsu.

Warga tiyuh tunas asri,kecamatan tulang bawang tengah,kabupaten tulang bawang barat,provinsi Lampung, diduga mengedarkan pupuk nonsubsidi palsu dengan berbagai macam merek.

Saat awak media melakukan penelusuran ke kediaman yang juga di duga menjadi tempat penyimpanan pupuk nonsubsidi yang terindikasi tidak memiliki surat izin edar perdagangan .(14/10/2022)

Menurut keterangan Nuri kepada awak media saat di konfirmasi pada Jum’at 14/10/2022 mengatakan bahwa diri baru saya menekuni usaha pupuk tersebut lantaran mendapatkan tawaran dari pihak keluarganya yang menurut pengakuan Nuri terletak di kabupaten Lampung tengah.

“Ya mas aku baru satu Minggu usaha pupuk nonsubsidi ini,itupun di tawarkan oleh saudara saya yang berada di Lampung tengah ,kalau pengiriman nya pakai mobil pick up grandmax biasanya sekali pengiriman 1(satu)sampai 2 (dua)ton,”ucapnya nuri.

Saat di tanyakan terkait surat izin edar peradangan dan harga eceran tertinggi(HET) ,Nuri mengatakan bahwa surat tersebut sudah ada di berikan oleh saudaranya dan menurut dia untuk penjualnya sendiri itu sudah sesuai dengan harga eceran.

“Ini mas surat nya sambil menyodorkan kepada awak media ,yang ternyata itu hanya fhoto copy sertifikat merek saja,kalau untuk harga jual Phonska itu 170.000 dan untuk sp 36 itu 160.000 kemudian NPK mutiara 16-16 itu saya jual 350.000 ,”Tambahnya Nuri.

hari yang sama awak media mendatangi beberapa pedagang kios pupuk yang enggan di sebutkan namanya, yang terletak pasar Mulya asri kecamatan tulang bawang tengah,untuk menanyakan harga jual pupuk NPK mutiara 16-16 nonsubsidi.

“Kalau untuk harga jual pupuk nonsubsidi merek NPK mutiara 16-16 itu kita jual dengan harga 800 ribu sampai dengan 850 ribu rupiah,kalau pun ada di bawah itu ,saya tidak jamin keasliannya,ada juga di bawah itu tapi mereknya bukan NPK mutiara 16-16 mas “ucap pedagang kios.

Di tempat terpisah menurut keterangan kepala dinas (kadis) pertanian tubaba yang diwakili sayu saat dihubungi melalui pesan WhatsApp,untuk dapat menjelaskan pupuk subsidi dan pupuk nonsubsidi ,dan harga eceran tertinggi (HET)dan untuk di mintai mengecek surat izin edar nya.

“klo ada foto kemasannya nya mungkin saya bisa bantu cek kan izin edar nya,
pupuk subsidi jumlahnya terbatas, non subsidi harganya mahal krn bahan bakunya memang mahal,
harga NPK mutiara non subsidi saat ini memang kisaran 800- 850 tergantung merknya
saya coba cek dulu ya izin edarnya di website”ungkap sayu, (MD)

113 235 total views, 15 1 views today

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button