Berita LampungBerita TerkiniDaerahkabar kota Metro

Dinas Terkait Kota Metro Harus Ambil Tindakan Terkait Pohon Tumbang Hingga Mengalami Kerusakan Kendaraan

METRO, -(MGG)- Akibat hujan deras yang disertai angin kencang melanda Kota Metro, Provinsi Lampung, menyebabkan satu pohon besar yang telah berumur tumbang dan menimpa lima unit kendaraan dan satu unit becak yang sedang melintas, Jum’at (18/12/2020).

Peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi tepat di area parkir Shopping Center, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi beberapa kendaraan mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon.

Faisal yang merupakan salah satu pedagang di area Shopping Center dan juga saksi mata mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang terjadi sekira pukul 14.00 WIB dihalaman parkir.

“Saat angin kencang itulah, ada bunyi krek-krek dan tidak berselang lama pohon itu tumbang, menimpa tiga unit kendaraan roda empat, dua unit kendaraan roda dua yang sedang terparkir. Selain itu, juga terlihat menimpa becak saat hendak melintas,”ungkapnya.

Menurut pedagang disekitar shopping center, mereka mengatakan, bahwa sebelumnya sudah ada laporan bahwa pohon diarea tersebut sudah berumur tua dan harus dipotong tapi dari dinas terkait hingga saat ini belum tanggapan.

“Kami selaku pedagang, sebelumnya sudah pernah laporan tapi dari dinas terkait hingga saat ini tidak ada tanggapan untuk penanganan pohon tersebut, misalkan di pangkas atau pun penebangan,”keluh pedagang shopping center.

Saat evakuasi pihak BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk dapat memotong dan merapikan pohon.

Saat dikonfirmasi oleh awak media mengenai Pohon yang tumbang tersebut, Pansuri selaku Kepala pelaksana BPBD kota Metro mengatakan, bahwa Pihak BPBD hanya menangani saat kondisi pohon yang telah tumbang, sedangkan yang berwenang dengan pemeliharaan pohon yang ada di Kota Metro adalah tugas Dinas Perkim (perumahan dan permukiman).

“kalo pohon sudah tumbang baru ini tugas kami tapi kalo belum tumbang itu tugas perkim (perumahan dan pemukiman) dan kami pun stanbay dilokasi setiap saat,”pungkasnya.

Diketahui kejadian pohon tumbang bukanlah kali pertama terjadi di Bumi Sai Wawai, Sehingga tidak sedikit masyarakat yang mengalami kerugian materi akibat pohon yang tumbang, akan tetapi peristiwa pohon tumbang sepertinya hanya dianggap sebagai hal sepele bagi Pemerintah Kota Metro.

sedangkan sudah banyak masyarakat yang keluhkan hal tersebut, karena kondisi pohon besar yang telah berumur tua pastinya menjadi kekhawatiran bagi masyarakat, terlebih keadaan cuaca yang saat ini telah masuk pada musim penghujan.

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada Statement resmi dari pihak Dinas terkait.(E.W)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button