AdvertorialBerita LampungBerita TerkiniBerita ViralDaerahEkonomiKab Bandar LampungKab Lampung BaratKab Lampung TimurKab MetroKab Tulang Bawangkabar kota Metrokabar lampungPemerintahanPolitikSerba-Serbi

Dinas PPPA Tulang Bawang Selenggarakan Sosialisasi Pesantren Ramah Anak

TULANG BAWANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tulangbawang menyelenggarakan kegiatan, Sosialisasi Pesantren Ramah Anak, yang dilaksanakan. Jumat, (27/11/202).

Kegiatan itu bertempat di aula Dinas PPPA Tulangbawang. Peserta yang hadir berjumlah 100 orang yang terdiri dari ketua pondok pesantren 50 orang dan pengasuh pondik pesantren 50 orang. Adapun narasumber kegiatan sosialisai ini berasal dari Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang.

Dasar pelaksanaan “Sosialisasi Pesantren Ramah Anak Tahun 2020 adalah Peraturan Daerah Provinsi Lampung tentang Urusan Pemerintah Yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini antara lain 1) memberikan sumbangsih nyata dalam proses penerapan nilai-nilai islam dengan lebih nyata dalam suatu sistem penyelenggaraan pendidikan di pesantren; 2) Menciptakan sebuah pesantren yang melindungi dan menyenangkan bagi anak dalam suasana penuh nilai (akhlaqul karimah) agar dapat meningkatkan prestasi anak dalam belajar; 3) Terciptanya lingkungan pembelajaran yang ramah antara pendidik dan santri dan 4) Pemenuhan hak anak bagi santri di Pesantren dengan mengedepankan prinsip anak.

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesepahaman di kalangan pesantren mengenai perlindungan anak. Pemahaman mengenai perlindungan anak berkelanjutan sangat perlu diajarkan ke pada masyarakat sekolah. Selain itu dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadikan pilot pesantren ramah anak di Kota Semarang. Intinya hak-hak dasar sebagai anak harus terpenuhi sekalipun anak tersebut menjadi santri suatu pondok pesantren. Terlebih anak juga jauh dari orang tuanya sehingga pendidikan yang diberikan perlu didasarkan pada konsep pendidikan ramah anak. (rls/red)

Sumber Asli

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button