AdvertorialBerita LampungBerita TerkiniDaerahKab Tulang BawangKesehatanPemerintahanPendidikanRagamSerba-SerbiTNI dan POLRI

Bupati Winarti Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tulang Bawang

TULANG BAWANG. (Media Global Group.com), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawang menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo yang disiarkan secara Hybrid dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun 2022, di ruang rapat paripurna DPRD Tulang Bawang, Selasa (16/08/2022).

Rapat di buka oleh ketua DPRD Kabupaten Tulang bawang, Bapak Sopi’i SH.,MH yang didampingi Wakil Ketua I Aliasan dan Wakil Ketua II Mursidah. Bupati Tulangbawang ibu Dr. Hj Winarti SE., MH, menghadiri rapat paripurna istimewa ini dengan didampingi oleh Forkompinda serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkup Pemkab Tulang Bawang.

Pimpinan Rapat, Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Sopi’i SH.,MH dalam sambutan pembukanya mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan taufik-Nya dapat bersilaturahmi menghadiri acara rutin kenegaraan untuk mendengarkan pidato Presiden RI Ir H Joko Widodo pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam keadaan sehat walafiat.

“Ucapan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak/ibu Saudara Saudari yang berkenan hadir memenuhi undangan kami dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. semoga kehadiran kita dapat memberi manfaat tersendiri bagi bangsa Indonesia” Tutur Ketua DPRD membuka sambutannya
Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 ini dibuka dengan sambutan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani.

Dalam kesempatan ini Ibu Puan Maharani kembali menegaskan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan. Beliau berharap masyarakat mendukung pembangunan IKN sebagai agenda Strategis Nasional sesuai amanat UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Selain itu Ibu Puan Maharani menegaskan agar peranan wanita dapat dimaksimalkan dalam upaya pembangunan Nasional. Banyak wanita hebat yang kini berperan luar biasa bagi kesuksesan bangsa hal ini harus terus dipertahankan dan dikembangkan demi kesetaraan gender yang pada akhirnya dapat mewujudkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang benar-benar hakiki.

Sementara itu Presiden RI Ir H. Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global dunia. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%. Angka tersebut jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%. Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp. 106 triliun. Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan Listrik, sebesar Rp. 502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44% pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp. 364 triliun.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menjelaskan terdapat lima agenda besar bangsa yang tidak boleh berhenti. Pertama, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam harus terus dilakukan. Kedua, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau harus terus kita tingkatkan. Ketiga, perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Keempat, UMKM harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Kelima, pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya.
Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo juga meminta semua pihak harus selalu “Eling lan Waspodo”, harus ingat dan waspada, harus selalu cermat dalam bertindak, dan harus selalu hati-hati dalam melangkah.
Beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju. Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa mempermudah upaya kita, dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” ujar beliau mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan ini Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo terlihat berkharisma dengan mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung. (Erman.Sp)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button