Berita IndonesiaBerita LampungBerita TerkiniBerita ViralDaerahKab Lampung BaratPemerintahanRagamSerba-Serbi

Bupati Lampung Barat Parosil Pimpin Langsung Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Peratin Kecamatan Sukau Dan Lumbok Seminung 

Lampung Barat, (Media Global Group.com), Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melantik Peratin terpilih di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Lumbok Seminung dan Kecamatan Sukau Pelantikan Peratin tersebut merupakan tindak lanjut dari pemilihan peratin serentak gelombang pertama yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan telah dilaksanakan pada 23 Februari 2022 yang lalu.

Pelantikan Peratin tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022. Untuk Pelantikan Peratin di Kecamatan Lumbok Seminung dipusatkan di Pekon Suka Banjar, Sementara untuk pelantikan Peratin di Kecamatan Sukau dipusatkan di Pekon Tapak Siring. Meski berada di Kecamatan yang berbeda ke Enam Peratin terpilih dilantik pada hari yang sama pada Rabu 11 Mei 2022.

Hadir dalam pelantikan tersebut Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Perjuangan Drs. Mukhlis Basri yang juga merupakan mantan Bupati Lampung Barat dua periode 2007-2012 dan 2012-2017, Wakil Ketua DPRD Lampung Barat Erwansyah dan Anggota, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Assisten, Staf AhliKepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat, Peratin, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat setempat.

Peratin terpilih di Kecamatan Lumbok Seminung yang dilantik Parosil berjumlah 3 (tiga) orang dan 3 (tiga) orang di Kecamatan Sukau

Tiga orang Peratin di Kecamatan Lumbok Seminung yang dilantik diantaranya;

1. Sdr. Rahmadi sebagai Peratin Heni Arong

2. Sdr. Riza Irwanda sebagai Peratin Suka Banjar

3. Sdr. Gunadi Saputra Sebagai Peratin Lumbok Timur

Sementara tiga Peratin terpilih di Kecamatan Sukau yang dilantik ialah:

1. Johan Safri sebagai Peratin Pekon Tanjung Raya

2. Samsul Hidayah sebagai Peratin Pekon Tapak Siring

3. Novianto sebagai Peratin Pekon Jaga Raga

Prosesi Pelantikan itu ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus yang Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh para peratin yang dilantik dan dua orang saksi dari unsur TNI/Polri serta rohaniawan. Setelah itu disusul penandatanganan oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Kegiatan pelantikan kemudian dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penyerahan surat keputusan oleh Bupati Parosil kepada para peratin.

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dalam sambutannya menyampaikan kepercayaannya kepada peratin terpilih untuk bertugas dengan sebaik-baiknya, dan berharap momentum iniakan menyatukan kembali masyarakat yang sempat terbelah karena perbedaan pilihan.

“Kami percaya, bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara-saudara,”.

“Pemilihan Peratin di Lampung Barat ini ada 60 Pekon, dan pemilihannya sudah dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2022 yang lalu,”.

“Tentu penantian pelantikan ini cukup lama dirasakan, dan hari ini merupakan sebuah momentum untuk menyatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah dan terkotak-kotakan karena perbedaan pilihan dan dukungan pada pemilihan calon Peratin bulan lalu,”.

“Sekarang tidak ada lagi pendukung nomor satu, nomor dua, nomor tiga, nomor empat ataupun nomor lima, Sekarang yang awalnya mendukung berbeda pilihan, setelah momen pelantikan ini harus mendukung Peratin terpilih, Karena apa? karena tugas menjadi seorang pemimpin itu, tugasnya adalah mengayomi dan melindungi masyarakatnya, dan artinya itu sudah menjadi tanggung jawab dari seorang pemimpin atau Peratin,”.

“Selain itu tugas seorang pemimpin adalah harus dapat menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, kedamaian dan ketenangan bagi masyarakat,”.

Kemudian Parosil menekankan agar peratin terpilij mampu menciptakan kebersamaan dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat.

 “Saya minta Peratin harus bisa menciptakan kebersamaan kalau ingin membangun pekonnya menjadi pekon yang hebat. Hebat artinya, harmonis, elok, berdaya saing, aman dan taqwa,”.

“Jadi konsepnya, kalau mempunyai mimpi mewujudkan Pekon yang hebat adalah harus beguai jejama (bekerja sama / gotong royong) bersama seluruh unsur lapisan masyarakat. Mulai dari pemudanya, tokoh agama dan tokoh adat,”. Tututpnya. (eko)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button