Berita Terkini

Bawaslu Mengeluarkan Surat Rekomendasi Kepada KPU Nias Selatan Perihal Sanksi Diskualifikasi Paslon Urut 01 HD-FIRMAN

Nias Selatan (Suarapedia.co) –

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nias Selatan mengeluarkan surat rekomendasi kepada (Komisi Pemilihan Umum) KPU untuk memberikan sanksi pembatalan atau diskualifikasi kepada Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Hilarius Duha-Firman Giawa karena di nilai melakukan pelanggaran, Sabtu (19/12/2020).

Pelaksana harian Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) , Nias Selatan Philipus Sarumaha kepada sejumlah wartawan sabtu (19/12) sore membenarkan surat tersebut telah diserahkan kepada KPU untuk di tindak lanjuti. ” Ya, kita sudah sampaikan, tinggal bagaimana nantinya KPU menanggapi rekomendasi yang kita sampaikan,” Tegas Philipus.

Menurutnya, rekomendasi itu berawal dari laporan masyarakat kepada pihaknya, diduga bahwa Paslon HD-Firman telah menyalahgunakan wewenang, yakni mengatakan telah menyiapkan anggaran pada tahun 2021 untuk bantuan bibit ternak babi kepada warga dan sudah disepakati dengan DPRD. Hal itu disampaikan pada saat berkampanye di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama pada November lalu.

Tindakan tersebut dinilai melanggar UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat 3, pasal 71 ayat 5, pasal 89 poin b, dan pasal 90 ayat 1 yang intinya berbunyi Bupati dan Wakil Bupati dilarang menyalahgunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih, ” Ungkapnya.

“Atas rekomendasi tersebut, Bawaslu berharap KPU dapat menindak lanjuti dan akan menempuh upaya lebih lanjut, bila ada hal yang dianggap kurang mendapat respon dari KPU. “Pada prinsipnya kita mengikuti ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan, ” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Nias Selatan, Repa Duha tidak merespon konfirmasi yang disampaikan wartawan terkait rekomendasi dari Bawaslu. Pertanyaan yang disampaikan kepada Repa (Ketua KPU Nias Selatan) melalui WhatsApp belum ada jawaban sama sekali.

(BG)

Sumber Asli

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button